Rabu, Mei 02, 2012

New Happy Family : Me with IPMK-Y


Bismillah....
Post kali ini, agak lebay memang. tapi tak apa, sudah cukup lama aku tak membiarkan imajinasiku terbang. ya, aku rindu menulis. meski dengan kesadaran penuh, aku yakin, aku bukanlah penulis. hanya saja, aku suka bermain kata. walau kadang aku sering terjebak dalam kata yang tak jarang ku permainkan.

Well, based on the title, aku akan membahas tentang sesuatu yang menurut aku, layak untuk ku bagi. hmm... kalau dipikir2, sudah banyak kali ya orang-orang yang punya cerita lebih seru dibanding ceritaku ini. tapi, whatever lah... aku tetap ingin berbagi.. *maksa* :P

IPMK dengan embel-embel Y dibelakangnya. Y disitu adalah Yogyakarta. ya, seperti daerah lain pada umumnya, daerahku, Kerinci yang sangat terkenal dengan... (hmm.. apa ya...). maaf, aku lupa. sampai sekarang aku tak tau bagaimana aku harus membanggakan daerahku sendiri. tak mungkin aku memujinya disini jika sebenarnya kecewaku lebih besar dari kagumku. Oiya! aku ingat. daerahku yang terkenal dengan Gunungnya yang menjadi Gunung tertinggi di Sumatra. buat para pecinta wanita alam, mungkin tak asing lagi dengan kekayaan alam Kerinci-ku. walaupun kami tinggal didaerah pegunungan, kabupaten terjauh dari propisi kami sendiri, namun kami juga memiliki kesamaan dengan daerah lain dalam hal mengenyam pendidikan. tak masalah ketika kami tau faktanya bahwa daerah Kerinci ini jauh dari kota besar. tak masalah jika kami harus menempuh ribuan kilometer hanya untuk menuntut ilmu. tak masalah dengan rasa rindu akan keluarga yang kadang membuat kami menggigil menahannya. dan kami tak masalah jika kami harus mengikuti aturan main yang ada di kota lain, selama itu masih di jalurNYA.

Just for information, pejuang dari daerahku tidaklah sedikit. jika di tingkat propinsi Jambi punya IKPJ (Ikatan Keluarga Pelajar Jambi), kami selaku kabupaten-pun punya IPMK. ya, Ikatan Pelajar Mahasiswa Kerinci. dan Y dibelakangnya, adalah Yogyakarta, tempat dimana rasa kekeluargaan yang sudah lama aku rindukan, ku temukan lagi disini.

Aku berterima kasih, untuk adikku, Ria Angraini. dia mengajakku untuk bergabung dalam organisasi yang sebelumnya aku benar-benar tidak tahu. sama sekali. blas. selain keluargaku, aku hanya memiliki teman yang ku dapat dari pesantren ku yang dulu. dengan bermodalkan PD (yang sudah ku asah sebelumnya), aku memutuskan untuk datang. dan kemudian, dengan perasaaan yang lega akan penerimaan mereka, aku putuskan, aku ingin tetap berada dalam keluarga ini.

Kesan pertama :
"Seru ya, Lucu". aku yang sudah lama merindukan Kerinci, menemukan sisi lain dari kehidupan Yogyakarta yang biasa aku jalani. aku merasa berada di kampung halamanku. ya, meski saat itu hanya beberapa jam saja, aku benar-benar terkesan. they are very welcoming..

Kesan kedua :
"Serius, Santai, Selesai". saat pertama aku datang. IPMK sedang membentuk panitia untuk Musyawarah Besar. dan mengagetkan, aku ditunjuk menjadi sekretaris 2. kaget, dalam hati aku berteriak, "ARE YOU SURE??? ME?? I DON'T KNOW ANYTHING...!!". aku berusaha menolak dengan halus, tapi tetap keputusan bersama. saat itu aku sadar, aku sudah terikat dengan IPMK ini. dan walaupun dengan gelak tawa yang tak henti mereka ciptakan, panitia pun terbentuk. dan akupun setuju.

Kesan ketiga :
"Asap Rokok". sepulangnya dari rapat yang sebenarnya aku tak mengerti isinya, aku minum air mineral sebanyak mungkin. disana, oksigen benar2 kalah telak dengan asap rokok. tapi aku tak bisa protes panjang lebar. karna aku yang memilih untuk bergabung. mereka menerimaku, dan aku pun menerima mereka. dan alhasil, rasa sakit lamaku kembali menghampiriku. sudahlah, its my own risk. aku bisa mengatasinya. hehe

Kesan selanjutnya, walaupun masih berusaha menghidar kepulan putih yang terbang saat kami berkumpul, aku tetap membuat diriku nyaman. aku harus cari solusi sendiri. karna tak mungkin mereka yang mengikuti keinginanku. well, I can do it. aku nyaman dengan suasana yang sudah kami bangun. suasana kerinci yang ku rindukan. candaan2 mereka yang membuatku teringat akan teman2ku yang ada tergabung dalam kelompok kecil Remaja Islam di desaku.

Hmm.. Aku yang sebelumnya aku lebih memilih diam, malu-malu saat berkumpul, sekarang aku bisa menjadi diriku sendiri. aku yang sebenarnya tak tahan jika tak berkomentar akan satu hal yang ku anggap aneh, kembali mengekspresikan argumenku. benar atau salah, komentarku pasti diprotes. hahaha walaupun mereka sering menertawakanku, tapi aku tau, mereka menyayangiku. kami bersaudara. disini, aku mendapatkan banyak pelajaran. pelajaran positive yang diam-diam ku contoh dari setiap individu yang ada disitu.

Inilah keluarga baruku. IPMK-Y. disini kami tertawa. kami bersama. kami berfikir. kami mencoba. kami berjuang. kami bahagia. kami bangkit. kami bisa. walaupun kami tau, IPMK tertatih...

13 comments:

F L on 02 Mei, 2012 12:38 mengatakan...

baru tau kalau itu sangat mengganggu, aku kan berusaha untuk tidak merokok di dalam forum, hahahaha. . . .
maaf sangat deh pokoknya, rokok memang hak bagi perokok, tapi manusia lainnya juga berhak dengan udara segar. . . hehe. . . :)

Lusi Kestina on 02 Mei, 2012 14:25 mengatakan...

hehe ada bg Fajran..
hmm semua org kan berhak berekspresi bg.. tp klau mau mengurangi, its better for you, me, they. better for us.. :)
aku nulis ini bukan untuk protes kok abang, cm berbagi cerita aja... hehe :)

F L on 02 Mei, 2012 23:33 mengatakan...

haha, demi kenyamanan you and other,
kata pak ustadz inilah habluminannas . . . :)
toleransi mejadi kuncinya. . . :D

Lusi Kestina on 02 Juni, 2012 04:51 mengatakan...

hmmm keren2... ternyata sangat berkurang y bang :)
thanks a lot :D

F L on 09 Juni, 2012 15:03 mengatakan...

:)

cik awi on 17 Juni, 2012 16:41 mengatakan...

Ikut meramaikan komen disini and salam kenal ya..

Lusi Kestina on 06 Juli, 2012 11:27 mengatakan...

terima kasih cik awi, salam kenal juga :)

Anonim mengatakan...

eh ada yah IPMK Y,,, d mna nih markasnya,, mau minta tolong cariin kosan di jogja,, mohon bantuannya masih baru soalnya,,

Lusi Kestina on 20 September, 2012 17:50 mengatakan...

@anonim : bisa bisa.. hubungi sekretarisnya, bang Fajran, ni FBnya http://www.facebook.com/fajran.longka

smangatt!! :)

tour and travel murah on 10 November, 2012 16:32 mengatakan...

selamat yah gan udah nikah. :D

sri murtini on 03 Agustus, 2016 09:15 mengatakan...

selamat yaa lebay tapii menarik untuk dibaca..

dedeh riska on 03 Agustus, 2016 10:15 mengatakan...

selamat yahh..tapi seru ko bacanya

Ratnaa Kurnia on 03 Agustus, 2016 12:34 mengatakan...

congratulation yaa...

Poskan Komentar

Exchange Link


Copy and Paste this code into your page, and leave message in my Chatbox
 

Lusi's Story... Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez